Saat ini, rumah bukan sekedar tempat hunian saja. Mengingat nilai jualnya yang terus meningkat dari tahun ke tahun, rumah juga merupakan investasi yang luar biasa. Apabila kamu berniat membeli rumah, perhatikan beberapa faktor di bawah ini untuk menjamin Anda memperoleh hunian yang layak sekaligus properti dengan nilai investasi yang tinggi. Berikut beberapa tips memilih rumah sebagai investasi :

1. Mengutamakan Rumah di Lokasi Strategis

Rumah yang berada di lokasi yang strategis akan meningkat nilainya secara cepat. Lokasi yang strategis termasuk lokasi yang mudah diakses, dekat dengan perkantoran/institusi pendidikan, dekat dengan pasar atau pusat kuliner, dekat dengan tol, dekat jalan raya utama, dan sebagainya. Sepintas rumah di lokasi strategis akan lebih mahal, tetapi nilai investasi yang diperoleh juga lebih menjanjikan di masa kini dan masa depan.

2. Memastikan Kondisi Fisik Rumah Layak

Anda ingin memastikan kondisi fisik rumah dalam keadaan prima kecuali Anda memiliki kenalan di bidang konstruksi yang dapat membantu renovasi menjadi lebih murah. Pertimbangkan kenaikan harga material dan tukang saat Anda memutuskan untuk membeli rumah yang membutuhkan beberapa perbaikan. Selain itu, mencari jasa konstruksi profesional juga tidak mudah.

3. Memilih Developer yang Berpengalaman

Peran developer dalam menunjang kenaikan harga rumah Anda sangatlah penting. Developer yang berpengalaman mampu mengundang banyak pihak untuk berinvestasi di area mereka. Tidak heran, perumahan dengan developer yang baik cenderung lebih cepat ramai dengan berbagai unit usaha kecil dan menengah di dalam atau sekitarnya.

4. Memastikan Rumah Berada di Area yang Aman

Keamanan adalah faktor yang sangat penting. Terutama apabila Anda hendak menyewakan rumah itu sementara Anda berada di lokasi lain yang tidak dekat. Akan sangat menguntungkan apabila lokasi rumah dekat dengan kantor polisi dan kantor pemadam kebakaran.

Di atas hanyalah empat tips bermanfaat apabila Anda ingin memanfaatkan rumah Anda sebagai ladang investasi, baik dari penyewaan hingga penjualan kembali. Tergantung dari tujuan finansial Anda, ada banyak tips lain yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan profit.